Sabtu, 25 Agustus 2012

Dalam Do'a Sujudku


part two_

‘’Jai sayang makan dulu yu !’’ suruh Ema sambil mengantarku ke dapur, yah kini aku hidup bersama Emaku, wanita tua yang sangat menyayangiku , da juga aku sayangi. Dia pengganti Mama di hidupku. Terkadang dia buatku rindu akan kehadirannya. ‘’Jai makan yang banyak yah na,,, Ema pergi ke sawah dulu, kalau sudah makan piringnya taruh di dapur yah na..’’ paparnya sambil berlalu.
Kubawa santapanku ke ruang TV, mmmmm……’’makan sambil nonoton…’’ kata Bang Rian.. akupun langsung melahapnya.
***
Malam kini datang, setelah temanku memberi senyuman yang indah, aku memang masih kecil tapi aku tahu , apa yang aku suka saat ini. Huuummmmpt….. ‘’bersama bintang……!!!!!’’ tukas ku. Perlahan air mataku menetes melintas di pipi cabiku, “star…………..’’ aku mulai mengawali pembicaraanku, mereka tersenyum mengiburku, ‘’kou melihat Mama dan Papa ku star .. ?’’ tanyaku dalam kelam, didepan jendela kamar kecilku. ‘’ mereka meninggalkan aku star………..kalian mungkin mengerti  akan kisah ku.. aku sangat merindukan Mama yang selalu memujiku, mengajariku mengenali  hal baru di dunia ini,, star…. Pelukan Mama yang ku ingat
begitu ikhlas dan tulus, dan satu lgi star… aku juga rindu Papa,, aku masih ingat saat ia menggendongku, dan tertawa bersama Bang Rian dan  Bang Yosi .. mmmm……… kini tak ada lagi Bang Rian yang selalu tidur bersama ku, ia kini sibuk dengan tugas sekolahnya..apalagi Bang Yosi,,dia sibuk bermain dengan teman-temannya, terkadang ia tak pulang…. Dan yang saat ini aku punya hanya kou dan Ema…..’’ air mataku ta henti menetes hingga aku tidur terlelap  ‘’good bye star….. I love you…..’’
***
Sinar pagi yang menggelitik ku untuk bangun dan bergegas mandi… yang pasti mandiri uuummmpt….. mandi sendri maksudku … :D ,, kini tiba waktunya makan,, sarapan sendiri… kalau yang ini beda lagi.. kursi pada kosong… yah hanya ada aku dan benda mati di sekitarku… kedua abangku entah kemana.. dan Ema ,dia sibuk beres-beres rumah… suasana yang menyebalkan…….!!!
Suasana seperti ini mengingatkan ku pada zaman dulu… tapi bukan zaman nenek moyang maksudku..
Masa sebelum Papa dan Mama ku menghilang… saat tawa bahagia selalu bersamaku…. Kini mungkin dunia membenciku,,, padahal aku tak pernah berbuat salah pada hidupku… tapi ntahlah star…… dunia ini kejam.. seakan menyiksa ku.. salamkan pada Papa dan Mama ku yah star… sampaikan rinduku yang sebesar sayangku pada mereka…….
‘’Pagi  anak – anak ,, sekarang kita mulai belajar menggambar dan mewarnai  yah….’’ Papar bu yeni ibu guru TK ku, semua teman ku pun bersorak ramai.. yah termasuk aku….
Tiba – tiba bu guru menghampiriku……………
‘’Jai…….ini siapa ?’’ Tanya nya sambil menunjuk kearah gambar yang ku maksud Ema, ‘’ ini Emaku Bu dan ini temanku star.. kalau ini keluargaku…..abangku dan Mama Papa ku bBu……… baguskan ?’’ tanyaku,, ‘’ iyah bagus sekali Jai… oh yah kapan Mama mu pulang dari Saudi Arabia ?’’ tanya bu guru tiba-tiba . yang jelas aku tak mengerti  tentang  itu,  aku mengerutkan kening… uuummmmpt ….. apa yang dimaksud Saudi Arabia yah ? apa semacam makanan ? atau mmmmm…… semacan boneka ?  ataukah itu teman seperti star ?
sungguh aku tak tau apa itu Saudi Arabia …
ya tuhan mungkinkah itu surga ? apa Mamaku pergi ke surga ? mengapa dia tak ajak aku ? ‘’ sudah lah Jai lupakan pertanyaan itu..’’ tambah bu guru.
Sepulang sekolah aku mengerjakan PR ku. Dan Ema…? beliau pergi berdagang untuk menafkahi aku dan abangku yah hanya itu yang ku tahu. Aku ta sendiri dirumah ada star di siang hari yang menemaniku , dan Jone sahabat dekatku…
‘’Kou tahu Saudi Arabia Jone ?’’ tanyaku, Jone terdiam dan sibuk dengan mainannya, ‘’aku tak tahu, tanyakan saja pada Emamu…!’’ balas Jone ‘’Apakah itu surga?’’ tambahku ‘’Jai kou sungguh cerewet .. !’’  balas Jone, aku pun terdiam dan menggalingkan bibirku ‘’huuhhhh’’.


‘’aku ingin ke surga, pergi ke Saudi bersma Mama dan Mama akan melihat aku tertawa’’
‘’hei Jai kou berisik ……!!!’’ tukas jone aku berhenti berlagu.. ‘’ maaf aku ta akan berlagu lagi’’ tembalku ‘’ sudahlah aku pulang saja, lagian kou juga sudah punya boneka star mu itu..’’ jelas jone dan pergi berlalu.
‘’aku salah star…….seharusnya aku tidak mengganggu nya …’’
Sekilas wajah Mama terlihat dalam lingkaran mataku, dia sungguh cantik dan ayu,,, ‘’Mama aku ingin bersamamu kali ini… aku rindu Mama’’ tapi itu hanya bayangan wajah Mama berganti dengan wajah keriput Ema ‘’ bangun Jai kou sedang bermimpi…’’ kata Ema sambil menggendongku. Ntah apa yang buat  Ema menagis ‘’aku salah lagi star,, Ema menangis saat aku terbangun’’ gumamku dalam hati ‘’Ema maafkan Jai, ‘’ Ema hanya tersenyum menghapus air matanya yang suci…
***
Adzan Subuh berkumandang ku bawa air wudhu seperti yang Ema ajarkan , dan bergegas shalat…. Dalam doa sujudku aku berharap  Mama akan kembali padaku….aku rindu kalian hari ini,,,,, aku telah menyakiti orang yang menyayangiku.. jone dan ema… apakah bumi akan menambah hukumanku ? apakah bumi juga akan mengambil abang – abang ku .. ya tuhan aku ingin mereka kembali bukan pergi…. Oh yah tuhan,…… apakah kou  tahu apa itu Saudi Arabia ? mungkin aku akan dapatkan jawaban di sana tentang Mama dan Papaku yang menghilang…. Yah dan tentang misteri pertanyaan ku selama aku hidup.. pertanyaan yang akan selalu kunantikan jawabannya… yang akan menghapus semua lara dalam hidupku dan akan mengembalikan hidup  tawa bahagia ku.. bantu aku ya tuhan hambamu yang kecil dan sendiri ini memohon petunjuk _MU.

the end_

Karangan Fhuutz Ifhuutz C'aasytheaa
Blogger Gadgets