Rabu, 15 Agustus 2012

ada apa dengan tanggal 26.?

ada apa dengan angka 26 atau tanggal 26,,,? itu pertanayann dalam benak saya yang selama ini saya pendam. entah ini mitos atau hanya kebetulan saja, 26 adalah angka sial untuk indonesia. Banyaknya kejadian bencana alam terbesar dan kesialan lainya di indonesia terjadi pada tanggal "26". bukanya saya percaya akan mitos "26", tapi banyak kejadian yang terjadi pada hari itu. ini beberapa contoh kejadian yang terjadi pada tanggal 26.

1. Runtuhnya Jembatan Tenggarong
Pada tanggal 26 November 2011 terjadi sebuah tragedi yang memprihatinkan, jembatan Tenggarong yang baru beberapa tahun dibangun sepanjang sekitar 700m itu runtuh. Jembatan ini melintasi sungai Mahakam dengan tujuan mempermudah lalu lintas dari kecamatan Tenggarong seberang dengan kota Tenggarong, juga merupakan jembatan terpanjang di Kutai.

2. Gunung Krakatau
Letusan yang merubah iklim global ini terjadi pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Ledakan Krakatau telah melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 kilometer kubik. Semburan debu vulkanisnya mencavai 80 km. Benda-benda keras yang berhamburan ke udara itu jatuh di dataran pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru.
Tercatat jumlah korban yang tewas mencapai 36.417 orang berasal dari 295 kampung kawasan pantai mulai dari Merak (Serang) hingga Cilamaya di Karawang, pantai barat Banten hingga Tanjung Layar di Pulau Panaitan (Ujung Kulon serta Sumatera Bagian selatan. Di Ujungkulon, air bah masuk sampai 15 km ke arah barat. Keesokan harinya sampai beberapa hari kemudian, penduduk Jakarta dan Lampung pedalaman tidak lagi melihat matahari. Gelombang Tsunami yang ditimbulkan bahkan merambat hingga ke pantai Hawaii, pantai barat Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7 ribu kilometer.

3. Tsunami Di Aceh
Becana alam kedua terbasar setelah letusan gunung krakatau ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. gempa yang terjadi jam 7:58:53 WIB yang mengakibatkan terjadinya tsunami tersebut memporak-porandakan aceh,Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.  menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah

4. Gempa Di Yogyakarta.
Pada tanggal 26 Mei 2006, Yogyakarta-pun diguncang gempa bumi tektonik hebat di saat masyarakat masih tertidur dengan pulasnya. Terjadi di sekitar selatan-barat daya Yogyakarta, berkekuatan 6.2 skala richter. Gempa memporak porandakan Yogyakarta khususnya wilayah sekitar Pantai Selatan yaitu Bantul. Sebagian besar rumah dan sarana publik hancur, dan korban jiwapun tak terhitung jumlahnya. Akses ke Yogya sangat terbatas karena Bandara Adi Sucipto ditutup sementara waktu.

4. Gempa Di Tasikmalaya
Pada tanggal 26 Juni 2010, kembali dikejutkan dengan terjadinya gempa di Tasikmalaya Jawa Barat. Kekuatan gempa ini sampai terasa di beberapa kota sekitarnya, termasuk Jakarta, Bogor dll. Namun gempa saat itu tidak menimbulkan tsunami. Korban jiwa kembali berjatuhan.

5. Sunami di Kepulan Mentawai
Pada tanggal 26 Oktober 2010, di tahun yang sama kembali terjadi gempa bumi disertai tsunami kecil di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat dengan kekuatan 7.2 skala richter. Banyak bangunan rusak, ratusan  korban jiwa dan ratusan  jiwa dinyatakan hilang.
Dan pada tanggal yang sama, Yogyakarta kembali diguncang bencana yaitu meletusnya gunung Merapi. Banyak korban jiwa ketika awan panas atau wedus gembel meluncur dengan kecepatan yang maha dasyat, sehingga masyarakat tak sempat menyelamatkan diri. Termasuk mbah Marijan, sosok fenomenal yang ikut meninggal pada saat gunung merapi meletus.

5. Kekalahan timnas indonesia.
untuk pertama kalinya indonesia tumbang di ajang Piala AFF di setadion Nasional Bukit Jalil, Kuala lumpur. banyak pihak yang berpendapat kekalaha indonesia tak lepah karen bertanding pada hari Minggu, 26 Desember 2010.

6.Tanggal 26 April 2011, terjadi gempa di Cilacap pada siang hari sekitar pukul 13.40 dengan kekuatan 6.3 skala richter. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kekuatan gempa dirasakan di beberapa kota.

7. Runtuhnya Jembatan Tenggarong
Dan baru-baru ini terjadi sebuah tragedi yang memprihatinkan,pada tanggal 26 November 2011 jembatan Tenggarong yang baru beberapa tahun dibangun sepanjang sekitar 700m itu runtuh. Jembatan ini melintasi sungai Mahakam dengan tujuan mempermudah lalu lintas dari kecamatan Tenggarong seberang dengan kota Tenggarong, juga merupakan jembatan terpanjang di Kutai.

kita tak pernah tau apa rencana Tuhan di balik semua ini. semua berawal dariNYA dan kembali hanya padaNYa. mati dan hidup kita adalah di tnganNYA kita hanya bisa berdoa yang terbaik buat kita pribadi dan seluruh warga indonesia, serta semoga para korban bencana alam dapat diterima amal ibadahnya serta diterima disisi ALLAH.. amin..
Blogger Gadgets